Sabtu, 28 April 2012

KONSEP DASAR JARINGAN


1.1 Pengantar Jaringan Komputer
Jaringan Komputer merupakan hubungan dua atau lebih system komputer yang terpisah, melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lain guna berbagi sumber daya (resource).
Ø Tujuan jaringan komputer :
• Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
• Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting.
• Akses informasi: contohnya web browsing.

Komputer yang sudah terhubung dalam jaringan, misalnya LAN, berarti komputer tersebut sudah dapat berbagi sumber daya yang diimilikinya dan dapat melakukan komunikasi antar komputer baik dalam mengirim pesan maupun mengirim file. Media komunikasi dalam jaringan ini terdiri dari beberapa macam contoh software, yaitu:
a. NetMeeting
Software ini berfungsi sebagai media komunikasi dalam berkirim pesan (chat) dan mentransfer file. Untuk dapat berkomunikasi dengan NetMeeting, setipa komputer dalam jaringan harus melakukan install software Netmeeting. NetMeeting ini dapat digunakan baik pada jaringan kecil maupun jaringan luar seperti internet.

b. Chat
Software chat dimiliki oleh sistem operasi Windows terminal Server. Dengan aplikasi ini, pengguna komputer dalam satu client atau workstation dapat berkomunikasi dengan komputer server ataupun komputer workstation lainnya dalam satu jaringan kecil.

Posting Selanjutnya adalah Keuntungan dari Jaringan Komputer yang akan saya posting pada Senin, 30 April 2012 .. trimakasih dan semoga bermanfaat

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com